(proses mencari jati diri)
Ehmmmm……. Teringat tiga tahun yang lalu, ketika pertama kali aku mulai bikin Blog. Meskipun, aku telah mengenalnya satu tahun sebelumnya, namun belum sedikitpun berminat membuatnya. Keinginan itu baru terlintas, kemudian terealisasikan ketika salah seorang teman menyinggung tentang Blogger. Dia cerita tentang asyiknya blogging dan pernak-perniknya, bahkan dengan blogging bisa menghasilkan uang. Akupun berfikir: “masak iya sich..??. karena tertarik oleh omongan temenku itu akhirnya aku bikin akun Blogger yang pada awalnya menggunakan email yahoo (sekarang nasib blog itu gmana ya?). Tapi ada seorang temen menyarankan agar memakai email google, biar mudah katanya, “karena google dan yahoo kan saingan.”, kata dia, benar tidaknya waktu itu aku belum tahu.
Akhirnya, aku mulai ngeblog. Biasanya sih, blogger pemula pada semangat, dan ternyata memang benar (setelah aku baca beberapa kisah blogger, tentang awal mereka ngeblog), begitu juga aku. Meski ilmu nol puthul, aku seolah-olah sudah mahir tentang blogger. Tapi, betapa terkejutnya aku, ternyata ngeblog itu tidak mudah semudah kita meludah (hiii ..maaf ya, agak jorok). Perjuangan keras dibutuhkan disana, dimulai dari keharusan bagi seorang blogger memahami etika blogging yang sampe sekarang aku belum ngeh, paham tentang script HTML (jika ingin blognya mewah wah mepet sah), ada award-awardnya juga, harus sering silaturami sesama blogger, apalagi yang konsen bisnis, banyak metode yang harus dia kuasai, dan semua tetek bengek blog yang sebelumnya tak kuketahui. 
Dan yang lebih mengerikan, ketika berkelana di dunia blog, aku seperti masuk hutan belantara. Bermacam karakter blogger kujumpai disana, bahkan aku sampe bingung aku harus menjadi apa, karena sepertinya semua peran telah ada. Karakater mereka sudah beraneka ragam, pingin berperan sebagai blogger dengan konten, Tips & Trik menjamur, Software gratis membludak, menulis diary, aktifitas harianku nggak begitu menarik (monoton, karena tinggal di asrama yang rutinitasnya begitu-beitu saja), berbisnis,?? wah tambah jauh, karena pasti jatuh sebelum bertempur. Berdakwah???Sedikit sih, meski bekal minimal. Intinya mau bikin apapun pasti sudah ada si empunya, kalo sama khawatirnya dikira plagiat. Padahal ada juga lho... blog yang isi blognya kebanyakan copast.

Namun, tak selang lama, ketemukan kenyataan berbeda. Ada diantara blogger yang tak terpengaruh dengan semua itu. Ada blogger yang hanya sekedar nulis diary mereka tak peduli apakah ada yang komentar atau tidak. Ada juga yang memang hoby nulis, dan dengan ngeblog mereka bisa bebas berkreasi terhadap kegemaran itu, bahkan, ada yang sampek bikin pelatihan segala (mungkin karena mereka sior kali). Mereka bilang ada kenikmatan tersendiri dari aktivitas blogging (aku pikir: “dimana nikmatnya? Kok aku belum merasakannya”.). Bahkan ada yang mendedikasikan blognya untuk kegiatan dakwah dengan konten full materi dakwah.

Saat itulah aku baru tahu, jika Ngeblog itu bukan hanya sekedar cari uang, atau bisnis lah istilahnya..

Melihat kenyataan itu, aku jadi berpikir, selama ini aku ngeblog untuk apa ya??? 
Terkadang sibuk aku sibuk pasang iklan di laman blog, belajar tips trik bisnis lewat blog, ikut PPC (atau PTC ya??, lupa), ketika terpikat dengan iming-iming keuntungan blog untuk bisnis. tapi tak semudah itu cak...
Terkadang nulis cerpen, tapi mentok di ide cerita.
Mau nulis motivasi, aku sendiri sangat membutuhkannya. (repot)
Cerita rutinitas harian (diary), seperti nggak menarik
Copy Paste buat isi kekosongan blog, malu juga kalo sering-sering, masak blog kok isinya hasil duplicatan.
Akhirnya, terkadang aku cuma koment diblog orang saja, hingga blog nggak terurus, apalagi kalo pas ndak moo.
jadi bingung....................."""""""


sobat blogger tolong beri PENCERAHAN dong, gimana enaknya???

(sekedar unek-unek)


17 Comments

  1. tulis aj ap yang kamu pikirin ato hal-hal yang kamu suka. Blog aku pun isinya masih belom konsisten terfokus dalam 1 hal, kadang isinya curhat, kadang isinya ngaco kalau ngga ada ide, kadang cerita seputar kegiatan sehari-hari, dll.

    BalasHapus
  2. ngeblog sesuai gaya yang kamu sukai aja. Kalau kita melakukan yg kita sukai makan akan menjadi mudah:D

    BalasHapus
  3. saya juga memulai bisnis dari ngeblog :D

    BalasHapus
  4. menurut saya...ngeblog sesuka-nya...nulis semaunya...sampai kita nyaman dengan apa yang kita lakukan...nanti ketemu format yang sangat nyaman...berkunjung dengan tulus ke blog lain juga perlu kayaknya...

    nah masalah orang lain akan menikmati blog kita atau tidak..itu lain hal....heheee..

    salam :)

    BalasHapus
  5. Setuju sama nufri hehehe.. :)

    BalasHapus
  6. menulis dengan tulus apa yang ada di pikiran dan hati kita...
    menulis diniati ibadah, akan serasa nikmat,,,
    perkara mau dibaca sama orang lain apa nggak, ya tergangung kitanya juga. layaknya silaturahim, blog juga sbg sarana silaturahim.
    kalau kita mau dikunjungi orang, tentunya juga kita harus mengunjungi tetangga2 kita dulu, begitupun dengan blog...
    salaam...

    BalasHapus
  7. Salam

    Hmm, setuju dengan saran2 yang ada di atas saya semua... Ya, mungkin itulah pendapat saya. Salam kenal kawan

    Salam kawan

    BalasHapus
  8. sebenernya sich menurutku ngeblog itu apa saja di tulis yang penting hasil tulisan sendiri.
    Nda perlu fokus, aku ja ga pernah fokus yg penting nulis, kdang iseng kadang opini..pokona bebas

    BalasHapus
  9. masalahnya buat aku cuma satu nih bro sis, konsistensi menulis...kadang dalam sehari 3 tulisan lahir dan njebul...tapi di saat yang lain malah nulis sebulan cuman sekali... :O

    BalasHapus
  10. @Celoteh: Maunya sih begitu mbak, tapi sering tersandung-sandung

    @Mbak Nova: Makasih mbak sarannya, akan kucoba

    @Anak Shaleh: Oya...

    @John Terro: wah... bisa belajar nieh..

    @Mas Nufri: Jadi harus rela "GADO-GADO" ria dulu ya.. ha ha ha... berkunjung, harus dibiasakan ya???

    @Dian: siip...

    @Mas Mabrur: semoga bisa istiqamah ya Mas...

    @DenBagas: kenal balik

    @Sarah Azahra: Bener juga sih... thank's ya visitnya

    @Faqih: semoga kita tetep istiqamah menulis

    BalasHapus
  11. terserah gimana kamu nyamannya aja... blog memang tempat menulis nah sampingannya bisa dapat tambahan penghasilan juga deh.. tuk belajar bareng

    BalasHapus
  12. aku juga pengen bisnis sambil ngeblog, tp ga tau nih, kyaknya kurang kemampuan hehe..

    BalasHapus
  13. salam kenal dari penghuni gubuk blekenyek.

    BalasHapus
  14. Share apa aja sob, sesuai pemikiran kita biar bisa menikmati aktifitas blogging. Yang penting masih layak dikonsumsi publik saya rasa sah-sah saja.

    BalasHapus
  15. Ngeblog untuk berdakwah sob...:-)

    BalasHapus
  16. blog untuk masa dpan yg lebih cerah bro,,,

    BalasHapus

hai-hai... thank's very-very much ya buat kamu-kamu yang sudah meluangkan waktu buat mampir diblog ini. Meskipun content2nya belum sesuai dengan tema blog (belajar bareng), kuharap nggak menghalangi buat komentar...